Rekomendasi WisataWisata Aman Di Magelang

Kabupaten Magelang merupakan wilayah yang dikelilingi banyak gunung dengan panorama alam yang indah. Hal ini membuat Magelang memiliki potensi wisata yang tidak perlu diragukan lagi. Berbagai jenis wisata mulai dari alam, kuliner, sejarah hingga budaya dapat Traveler temukan di Magelang. Tidak hanya itu wisata di Magelang juga cocok dikunjungi bersama dengan teman, pasangan maupun keluarga.

Menikmati libur akhir tahun bersama dengan keluarga tentunya menjadi moment yang tidak boleh dilewatkan. Namun, adanya covid-19 membuat kita harus lebih jeli dalam memilih tempat tujuan wisata untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun 2020. Di masa pandemi banyak wisata di magelang berusaha untuk menyediakan tempat wisata yang aman dikunjungi dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Berikut beberapa destinasi wisata aman di Magelang yang dapat menjadi referensi untuk traveler menghabiskan waktu libur akhir tahun bersama dengan orang terkasih.

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia yang sayang bila tidak dikunjungi ketika traveler bertandang ke Magelang. Candi Buddha terbesar di dunia ini memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat kental dan tentunya akan menjad pilihan tempat wisata yang cocok untuk traveler kunjungi bersama dengan keluarga.

 

Tidak hanya itu, Candi Borobudur memiliki area yang cukup luas dan juga dilengkapi dengan museum dan beberapa kandang hewan seperti rusa dan gajah sehingga, anak-anak akan senang bila berkunjung kesana.

Di dalam satu area yang sama traveler juga bisa mengunjungi bukit Dagi Abhinaya yang tidak kalah indahnya. Beberapa aktivitas menarik yang ditawarkan oleh Dagi Abhinaya yaitu menikmati sunrise dibalik Candi Borobudur, sepeda wisata, safari gajah dan yang paling menarik adalah breakfast outdoor dengan view candi.

  1. Bukit Rhema

Bukit Rhema atau lebih dikenal dengan sebutan Gereja Ayam merupakan wisata yang terletak di atas bukit tidak jauh dari Candi Borobudur. Wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang menawan berupa gugusan Perbukitan Menoreh yang elok. Bukit Rhema juga menjadi salah satu tempat wisata religi dan edukasi karena filosofi dari Bukit Rhema sendiri adalah Rumah Doa Bagi Segala Bangsa dan bentuknya pun bukan ayam melainkan burung merpati putih dengan mahkota di bagian kepalanya.

Tidak perlu khawatir saat berkunjung ke Bukit Rhema karena kawasan wisata yang satu ini sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengecekan suhu, cuci tangan dan jaga jarak menjadi ritual wajib yang harus dilakukan oleh pengunjung yang datang kesini.

Bila merasa haus dan lapar saat berkunjung kesini, traveler juga tidak perlu khawatir, karena di bagian belakang gedung terdapat kedai dengan berbagai menu yang akan memanjakan mulut traveler. Tidak hanya itu di bagian kedai, traveler juga dapat menukarkan free snack singkong goreng khas Dusun Gombong yang rasanya beda dengan singkong goreng lain. Menyantap sajian singkong goreng ditemani pemandangan perbukitan menoreh tentunya hanya bisa traveler temui di Bukit Rhema.

  1. Punthuk Setumbu

Salah satu kawasan wisata di magelang yang menawarkan keindahan panorama alam dari Perbukitan Menoreh adalah Punthuk Setumbu. Punthuk Setumbu berlokasi tidak jauh dari Bukit Rhema. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah saat pagi hari.

Letaknya yang tinggi membuat tempat ini menjadi salah satu spot sunrise yang terkenal di Magelang.

Membutuhkan sedikit perjuangan untuk sampai ke atas Punthuk Setumbu. Namun, sesampainya di atas bukit traveler akan dimanjakan dengan keindahan Candi Borobudur dengan lautan kabut yang sangat menenangkan hati. Ditempat ini juga disediakan beberapa gazebo atau saung yang dapat disewakan untuk melepas lelah setalah mendaki bukit.

  1. Svargabumi

Banyak tempat wisata yang menyediakan spot selfie di Magelang, salah satunya adalah Svargabumi. Tempat yang satu ini menjadi wisata hits yang baru naik daun karena menyediakan spot-spot foto instagramable yang dirasa mirip dengan suasana Bali.

Sumber Foto Instagram @indro_san

 

Pengunjung yang bertandang kesini akan dikenakan biaya ticketing sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Lokasinya juga sangat mudah ditemukan, hanya berjarak kurang lebih 5 menit dari Candi Borobudur.

Waktu yang pas untuk traveler berkunjung ke sini adalah saat pagi atau sore hari karena areanya yang outdoor cuaca di Svargabumi saat siang hari cenderung panas.

  1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Tejun Kedung Kayang merupakan salah satu air terjun terindah di Magelang yang berlokasi di Nagrong, Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Keindahannya membuat wisata yang satu ini cocok dijadikan tempat untuk melepas penat dari segudang kegiatan kantor. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat wisata alam yang satu ini memiliki udara yang sejuk dan asri.

 

Sumber foto instagram @nencywulan

Tidak hanya dapat menikmati keindahan air terjun dari bawah, traveler juga dapat menikmati keindahan air terjun dari bagian atas karena sudah ada beberapa spot yang disediakan oleh pengelola. Wisata alam yang satu ini juga menjadi salah satu wisata di Magelang yang sudah menerapkan protokol kesehatan dalam pengelolaan wisatanya jadi traveler akan tetap aman saat berwisata kesini.

  1. Desa Wisata Candirejo

Disekitar Candi Borobudur tersebar berbagai desa wisata yang menawarkan kearifan lokal Magelang dan hal-hal menarik untuk dicoba. Desa Wisata Candirejo adalah salah satunya. Desa Candirejo merupakan desa kecil yang masih memegang erat tradisi Jawa.

Desa Candirejo bisa menjadi alternative wisata yang tepat dikunjungi bersama dengan keluarga. Disini traveler bisa mendapat pengalaman dan berpartisi aktif dalam berbagai aktivitas budaya jawa.

Sumber foto official web desa wisata candirejo

Traveler dapat menghabiskan malam sambil membaur dengan warga desa yang ramah-ramah, belajar memainkan gamelan, menonton tari jathilan hingga mengikuti upacara adat Nyadran. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya dapat memeperkaya pengalaman sekaligus menjadi edukasi bagi anak-anak.

  1. Candi Mendut

Beragam peninggalan sejarah masa lalu banyak tersebar di wilayah Magelang, salah satunya adalah Candi Mendut. Candi Mendut merupakan candi budha yang berlokasi 3 km dari Candi Borobudur.

Saat bertandang kesini traveler akan dikenakan biaya ticketing yang cukup terjangkau yaitu Rp 10.000.

sumber foto wikipedia

Meskipun ukuran candinya tidak sebesar Candi Borobudur namun, faktanya Candi Mendut ini dibagun lebih awal dibanding Candi Borobudur. Jika Berkunjung kesini traveler juga dapat melihat secara langsung patung Budha duduk yang sangat megah yang terletak didalam candi.

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here