contoh Laporan Kegiatan Praktek Pengolahan Makanan Khas Daerah Siomay Bandung

Total
0
Shares

KEGIATAN PRAKTEK PENGOLAHAN MAKANAN KHAS DAERAHSIOMAY BANDUNG

DISUSUN OLEH :KELOMPOK 1

SMA NEGERI  1BANDONGAN

TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

LaporanKegiatan Yang Berjudul Kegiatan PraktekPengolahan Makanan Khas Daerah Siomay Bandung Yang Disusun Oleh :

2.      Eko Nurul Mustofa

Telah disetujui oleh pembimbing untukselanjutnya di ujikan

Guru MataPelajaran Prakarya Dan Kwirausahaan

NIP.19800513200701 2 006

Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadiratAllah SWT, atas limpahan rahmat dan karuni-Nya. Sholawat dan Salamsemoga tetap terlimpah pada Nabi Muhammad SAW,sehingga kami dapat menyelesaikan laporan KegiatanPraktek Pengolahan Makanan Khas Daerah Siomay Bandung yang diberikan sekolah sebagai kelengkapan tugas prakaryadan kwirausahaan dengan tepat waktu.

            Kami ucapkanterimakasih kepada sekolah dan guru pembimbing yang telah membantu dalam menyelesaikanSemoga laporan inidapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Kami sudah berusahamenampilkan yang terbaik dalam laporan perjalanan ini. Namun, kami menyadaribahwa laporan perjalanan ini masih belum sempurna. Maka dari itu, dengan tulusdan kerendahan hati, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun demiperbaikan dan penyempurnaan laporan di masa yang mendatang. Atas saran, kritikmaupun bantuan kami ucapkan terima kasih.

JUDUL………………………………………………………………………………………………. i

LEMBAR PERSETUJUAN…………………………………………………………………. ii

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………. iii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………… iv

DAFTARLAMPIRAN……………………………………………………………………….. v

DAFTARTABEL……………………………………………………………………………….. vi

DAFTARGAMBAR…………………………………………………………………………… vii

A.    Latar Belakang………………………………………………………………………………

B.     Tujuan Penulisan……………………………………………………………………………

C.    Manfaat Kegiatan…………………………………………………………………………..

A.   waktu dan tempat  ……………………………………………………………………….

B. alat dan bahan ………………………………………………………………………………

C.     Proses Produksi  ………………………………………………………………………….

A.Hasil Kegiatan ………………………………………………………………………………

B .Hasil Penjuakan…………………………………………………………………………….

C. Perhitungan Laba/ Rugi …………………………………………………………………

D. Evaluasi ………………………………………………………………………………………

A.    Kesimpulan………………………………………………………………………………….

B.     Saran ………………………………………………………………………………………….

A. LATAR BELAKANG

Siomaymerupakan makanan yang sering di jajakan di pinggiran jalan dan ditempat-tempat keramaian. Selain harganya yang terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan, rasanya pun tidak kalah enaknya denganmakanan-makanan lain.

Siomaydengan memakai bahan baku utama yang segar dan penyajian yang belum pernah diproduksi oleh penjual-penjual siomay lain, menambah daya tarik tersendiri danmempunyai peluang untuk mendapatkan laba yang cukup menguntungkan

B.  TUJUAN KEGIATAN

a.       Tujuandalam membuat bisnis siomay ini , antara lain sebagai berikut :

b.      Membuatmakanan yang unik.

c.       Mendapatkanlaba dari bisnis ini

d.      Membuatmakanan yang unik dan berkualitas.

e.       Memberikankualitas dan pelayanan yang baik.

f.       Membuatbahan pangan untuk masyarakat

C. MANFAAT KEGIATAN

Siomayyang akan ditawarkan ini memiliki manfaat bagi kesehatan konsumen, karenaterbuat dari bahan-bahan yang segar dan memiliki kandungan nilai gizi danprotein.

a.       Keunggulanproduk (Strength)

–   Terbuat dari bahan-bahan yang fresh danbergizi.

b.      Kelemahan(Weakness)

–   Terkadangbahan baku susah dicari

–   Hargabahan baku yang berubah-ubah

–   Dalampemasaran masih ada kendala

–   Belummempunyai rekan bisnis

c.       Peluang(Opportunities)

–  Tempatpemasaran yang mudah.

–  Banyaknyakonsumen karena cocok untuk semua kalangan.

–   Banyakpenjual yang berinovasi baru

–   Banyakpenjual makanan yang cepat saji dan eonomis

B.  DESKRIPSIUSAHA KECIL SIOMAY

Bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan siomay  yaitu daging tenggiri. tepung tapioka, tepungkanji, serta tepung terigu. Untuk bahan bumbu yang diperlukan adalah bawangputih, bawang merah, garam. penyedap rasa, dan gula. Untuk pelengkap danmakanan siomay bisa ditambah dengan taburan bawang goreng agar Iebih beraromadan nikmat. Pembuatan siomay idak menggunakan takaran. Pada setiap pedagangsiomay biasanya memiliki takaran sendiri, sehingga rasa yang dihasilkanmemiliki ciri khas atau rasa yang berbeda-beda. Bila Anda akan membuat bisnissiomay maka sebaiknya coba dahulu beberapa takaran yang dengan bumbu sertabahan baku.

Pilihlah lokasi yang dirasa strategis dan bisa dijadikantempat yang cocok untuk berjualan siomay. Lokasi tersebut seperti wilayahpermukiman atau perumaha penduduk, daerah sekitar sekolahan, perkantoran,kampus dan juga pinggirjalan yang banyak dilalui orang. Makanan siomay mibukanlah makanan pokok sehingga banyak orang yang membeli siomay untuk cemilansebelum makan atau pun sesudah makan. Biasanya hanya digunakan sebagai pengganjalperut saat sedang kelaparan. Jadi, carilah lokasi yang sesuai untuk berjualandan dapat dijangkau oleh para pembeli.

3.      Perlengkapan Usaha

Pada umumnya usaha siomay kebanyakan dijalankan oleh pedagang kaki lima. Untuk  kebanyakan para pedagang kaki lima inimenggunakan etalase atau gerobak yang merupakan perlengkapan usaha wajibdimiliki oleh pengusaha yang ingmn menjalankan bisnis siomay ini. Anda jugaharus menyediakan peralatan memasak seperti tabung gas dengan kompor. dandang,panci, spatula. wajan yang digunakan untuk memasak dan harus dimiliki untukmenjalankan blsnls siomay menjadi leblh lancar. Selain peralatan tersebut Andajuga wajib memiliki peralatan makan seperti pirring, garpu, sendok, gelas, mejadan kursi sebagai pelengkapan usaha lain.

Cara mempromosikan siomay bisa dengan cara memasang spanduk yang merupakan salah satu promosi yangpaling sederhana dan bisa dijalankan pada saat mengawali suatu bisnis. Buatisian spanduk dengan tulisan yang

menarik serta gambar yang bagus, cara ini akan membuatsetiap orang menjadi tertarik dan ingin segera mencicipi siomay yang Andatawarkan. Selain hal tersebut promosi dan mulut ke mulut ini akan terjadidengan sendirinya oleh karena itu maka Anda harus bisa mempertahankan rasa siomay,kualitas, kebersihan, kehigienisan dan pelayanan pada bisnis siomay yang Andakelola.

5.      Resiko Usaha Siomay

Resiko yang dihadapi dalam menjalankan bisnis siomay adalahpersaingan yang berat atau ketat. Usaha ini banyak dijalankan karena modal yangdibutuhkan tidaklah terlalu besar dan cara pembuatan siomay ini tidaklah rumitsehingga banyak berminat untuk menjalankan binis siomay ini. Cita rasa dankenaikan harga yang memiliki rasa tidak lebih enak dan siomay pedagang lainnyaakan membuat masalah bagi kemajuan usaha siomay Anda. Untuk mengatasi haltersebut cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencarl tempat yang sangatstrategis dan banyak dilalui oleh orang sehingga siomay yang Anda jual nantmnyadapat terjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like