Makanan khas daerah tiap provinsi Indonesia – Monas Tours

Total
0
Shares

Makanan khas daerah tiap provinsi Indonesia

Indonesia memiliki 34 provinsi yang membagi wilayah Indonesia. Selain keindahan alamnya Indonesia juga terkenal akan makanannya. Hal ini tidak mengejutkan dengan dikaruniai tanah yang subur dan dikenal penghasil rempah-rempah di dunia menjadikan makanan Indonesia mempunyai ciri khas dari tiap daerah.

Berikut akan kita bahas makanan dari tiap provinsi Indonesia beserta dengan gambarnya. Awas gambarnya bisa bikin ngiler hehehe….



Provinsi Aceh terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning tebal dengan irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Makanan ini benar-benar kaya bumbu.



Karee Kameng adalah makanan tradisional khas dari Aceh yang dijuluki Serambi Mekkah-nya Indonesia.  Makanan ini merupakan sajian yang paling favorit oleh warga Aceh. Karee Kameng dalam bahasa Indonesia disebut kari kambing adalah lauk yang hampir selalu ada di setiap kedai nasi maupun di berbagai perhelatan.  Di banyak keude bu (kedai nasi) kari ini terpampang di depan kedai dalam kuali atau wajan besar yang selalu dipanaskan.



Keumamah dalam bahasa Aceh artinya ikan kayu. Masakan ini disebut Gulaie Keumamah atau nama populernya Eungkot Kayee.  Pada dasarnya Keumamah atau ikan kayu khas Aceh adalah daing ikan tongkol yang direbus, kemudian dikeringkan dengan cara diasap. Karena ikan tersebut menjadi kering maka akan keras seperti kayu (eungkot kayee).  Orang Jepang juga mengenal ikan kering seperti ini, mereka sebut katsubushi. Biasanya diserut halus sebagai penyedap rasa berbagai kuah.

2. Sumatera Utara

Bika Ambon



Makanan khas di Sumatera Utara khususnya Medan adalah Bika Ambon. Bika Ambon ini enak banget kadang juga dijual dengan rasa lain seperti durian dan keju. Rasanya manis dan lembut.



Ayam Pinadar juga lazim disebut manuk na pinadar. Masakan ini adalah ayam bakar khas Batak Toba yang sungguh memukau rasa pedasnya sangat menggigit karena memakai andaliman. Masakan ini memakai bahan yang uni yaitu hati ayam dan gota (darah ayam).  Sekarang karena berbagai pertimbangan masakan ini tidak menggunakan gota atau darah ayam lagi.



Di provinsi Sumatera Utara tepatnya di kabupaten Asahan, terdapat makanan khas daerah tersebut yang dinamakan dengan Anyang Pakis. Makanan khas Sumatera Utara ini dibuat dari tanaman pakis atau tanaman paku kemudian diberi bumbu tambahan berupa kelapa hasil penyangraian. Sekilas tampilannya mirip dengan urapan namun penggunaan kelapa sangrai yang mirip serundeng menjadi pembeda antar keduanya. Padahal kalau diteliti lebih lanjut bumbu yang digunakan sangatlah mirip yakni ada daun jeruk, bawang merah, ketumbar, dan serai.



Di Medan terdapat sebuah kedai sederhana namun punya olahan bernama bihun bebek Asie yang disebut-sebut sebagai olahan bihun bebek paling mahal seantero Medan. Harga satu porsinya saja bisa mencapai 60 ribu rupiah. Dalam satu mangkuk berisi bihun dan suwiran daging bebek yang melimpah bercampur kuahnya yang super enak.  Rasa bihun ini juga mempunyai ciri khas yang berbeda dengan bihun lainnya.

3. Sumatera Barat

Rendang



Sumatera Barat terkenal dengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang banyak rempahnya ini mempunyai rasa yang kuat. Rendang adalah salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang Indonesiabahkan sampai luar negeri.



Olahan khas Sumatera Barat cukup melimpah yang salah satunya adalah Kacimuih. Walaupun dibuat dengan bahan dasar singkong yang cenderung “ndeso”, namun setelah menjadi kacimuih maka rasanya akan berbeda. Pembuatannya dilakukan dengan bahan singkong, gula (bisa gula putih bisa gula merah), dan parutan kelapa. Bentuknya terbilang sederhana ketela pohon tadi akan ditumbuk dengan kelapa parut maupun gula. Namun rasanya akan sangat nikmat di mulut, ada rasa gurihnya parutan kelapa maupun manisnya gula.

4. Jambi

Gulai ikan Patin



Gulai ikan Patin adalah masakan yang populer di masyarakat Jambi.  Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.



Pendap merupakan makanan bercitarasa pedas yang sangat populer di provinsi Bengkulu. Pendap terdiri dari bahan ikan yang dicampur dengan beberapa bahan utama seperti bawang putih, kencur, cabai giling, kelapa muda yang kemudian dimasak dalam balutan daun talas.



Gulai Belacan salah satu masakan khas dari Riau. Gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau terasi. Bahannya biasanya memakai udang atau ikan.

7. Kepulauan Riau

Otak-otak



Otak-otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Di sini terdapat dua jenis otak-otak yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibungkus dengan daun berwarna hijau sekalian dengan lidinya, yang kemudian dibakar dengan bara api.

8. Sumatera Selatan

Pempek



Di Sumatera Selatan terkenal makanan Pempek. Pempek terbuat dari ikan dan sagu. Penyajianya ditemani dengan kuah cokelat yang disebut cuko. Cuko terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang rebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

9. Bangka Belitung

Mie Bangka



Mie Bangka adalah salah satu dari sekian banyak ciri khas masyarakat pulau Bangka. Terbuat dari mie basah (kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuat dari ikan, udang, cumi atau kepiting dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun, dan kerupuk. Lezat bila dihidangkan waktu masih panas dan ditambah rasa pedas dari cabe.



Seruit adalah makanan khas provinsi Lampung yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambal terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga.

11. Banten

Sate Bandeng



Sate Bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Sate Bandeng menggunakan gula coklat atau santan. Karena kekhasannya sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

12. Jakarta

Kerak Telor



Kerak telor adalah makanan asli khas daerah Jakarta (Betawi) dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.



Serabi terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis. Manis dan menggugah selera.



Mengenai nasi Lengko olahan tersebut merupakan perpaduan antara nasi dengan isian berupa sayur dan gorengan seperti tahu dan tempe goreng, serta daun kucai, mentimun, dan tauge. Untuk memperlengkap dan menciptakan rasa yang enak, ditambah pula dengan taburan sas kacang yang memiliki rasa gurih.



Olahan dengan nama tape ketan ini memiliki ciri khas dibuat dengan cara fermentasi. Tape ketan merupakan ciri khas daerah Kuningan. Pembuatan tape ketan tersebut menggunakan bahan dasar beras ketan, entah itu ketan hitam maupun putih, namun kebanyakan yang memakai ketan putih.



Semua orang sudah mengerti apabila olahan dengan nama rujak sudah pasti identik dengan buah-buahan dengan taburan bumbu kacangnya. Namun berbanding terbalik dengan rujak kangkung karena yang dijadikan sebagai bahan bakunya adalah sayur kangkung bukan buah.

Kelebihan dari penggunaan kangkung adalah untuk mendapatkanya yang lebih mudah dan juga karena sifatnya yang kering alias tak berair, bisa membuat rasa pedas bumbunya semakin terasa. Selain itu yang membuatnya unik adalah dalam bumbunya ada bahan dari asam jawa sehingga bisa menghasilkan rasa pedas dan sensasi rasa masam.

Lumpia adalah makanan khas Jawa Tengah khususnya kota Semarang. Makanan ini berisi rebung, telur, dan daging udang. Setelah dibungkus bisa dimakan langsung, bisa juga digoreng.



Makanan khas JawaTengah yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang sangat terkenal baik di sekitaran Jawa Tengah itu sendiri atau di seluruh Indonesia. Pasalnya makanan yang sangat terkenal dengan nama Tempe Mendoan ini saat ini sudah dikenal banyak orang. Sebenarnya Tempe Mendoan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Banyumas. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kira-kira bahan utama dari makanan khas Jawa Tengah ini apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like