26 Makanan khas Sumatera Utara Paling Terkenal dan Lezat!

Total
0
Shares

Jika ditanya tentang makanan khas Sumatera Utara, pasti sebagian besar dari kamu menjawab Bika Ambon.

Padahal ada banyak makanan khas yang bisa kamu sebutkan. Untuk itu, makanan khas Sumatera Utara adalah hal wajib yang harus kamu ketahui sebelum travel kesana.

Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya di Utara Pulau Sumatra dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia.

Nah, karena setiap pulau di Indonesia memiliki makanan khas daerah masing-masing. Tentunya Sumatera Utara juga memiliki makanan khas.

Apa saja makanan khasnya? Yuk simak!1. Bika Ambonmakanan khas sumut bika ambon @aprilialia.id

Pasti kamu tidak asing sama makanan ringan khas yang sering dibuat oleh-oleh ini. Nama ambon pada Bika Ambon ini merujuk pada Jalan Ambon di Medan.

Nah, Bika Ambon sendiri adalah makanan yang dibuat dari tepung, santan, gula, dan kuning telur yang nantinya akan difermentasi dengan menambah air nira.

Rasa Bika Ambon ini manis di bagian tengahnya lalu gurih khas panggangan di bagian bawahnya.2. Saksangmakanan khas sumut babi saksang @christabellenanetta

Saksang asal Batak dibuat dari daging babi, anjing, atau kerbau. Makanan ini digunakan sebagai lauk dan didampingi dengan nasi.

Bahan utama pembuatannya adalah daging yang dicincang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah dan santan.

Uniknya, Saksang ini dimasak menggunakan darah daging (margota) ataupun olahan rempah biasa tanpa darah (na so margota).

Jangan ditanya lagi jika soal rasa. Rasa dagingnya sangat enak, apalagi bumbu rempah yang melimpah meresap masuk ke dalam daging.

Jangan lupa tambahkan nasi agar makin nikmat.3. Lemangmakanan khas sumut nasi lemang @pennylaurafs

Banyak yang mengatakan jika Lemang dibuat oleh bangsa Melayu yang akhirnya menyebar sampai Indonesia.

Lemang sendiri adalah makanan tradisional dari beras ketan yang dimasak di dalam bambu.

Beras ketan ini dicampur dengan santan lalu digulung menggunakan selembar daun pisang. Gulungan ini nantinya akan dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar sampai matang.

Biasanya lemang ini didampingi dengan rendang. Ada juga yang memakannya dengan selai ataupun durian.

Rasa Lemang ini asin gurih, lebih nikmat lagi jika dimakan ketika hangat.4. Mie Gomakmakanan khas sumut mie gomak @misshotrodqueen

Mie Gomak ini disebut-sebut sebagai spagetti batak karena mirip dengan spagetti asal Italia.

Nama Gomak sendiri diambil dari pembuatannya yang digomak-gomak atau digenggam dengan tangan, namun kini tak lagi dibuat dengan cara seperti itu.

Biasanya setelah mie lidi direbus, nantinya akan diberi kuah kaldu ayam yang diberikan bumbu saus dan diisi dengan sayuran.

Lebih enak lagi jika dimakan dengan gorengan.5. Arsikmakanan khas sumut ikan Arsik @foodgallerybdg

Arsik atau ikan mas bumbu kuning karena memang dibuat dari bumbu kuning ditemukan suku Batak.

Selain ikan mas yang tidak dibuang sisiknya, bahan utama yang bisa digunakan yaitu ikan lain seperti ikan kakap dan ikan kembung, ada juga yang memakai daging babi.

Makanan khas Batak ini dibuat dengan rempah rempah unik seperti andaliman, asam patikala, bunga Kecombrang, serta Lokio (daun bawang batak). Warna kuning dari bumbu kuning dibuat dengan lengkuas dan serai.

Setelah bumbu halus jadi, maka bumbu akan dilumurkan merata ke dalam ikan dan digoreng. Arsik dengan rasa gurih asam ini lebih enak jika dimakan dengan nasi.6. Bubur Pedasmakanan khas sumut bubur pedas @mysumatera

Bubur pedas ini hanya muncul saat bulan Ramadhan karena bubur ini seringkali dijadikan sebagai salah satu menu buka puasa oleh masyarakat Medan.

Beberapa masjid besar di Medan pun telah menyediakan makanan ini saat berbuka.

Bahan utamanya adalah beras yang diberi daging dan sayur. Biasanya juga dilengkapi dengan anyang, yaitupakis dan toge yang ditambah dengan udang kering, cabai, asam jeruk, dan kelapa kukur goreng.

Rasanya pedas, namun lembut di mulut. Warga setempat lebih suka jika bubur ini diberi tambahan anyang karena akan menambah rasa enak.7. Naniuramakanan khas sumut Naniura @misshotrodqueen

Naniura adalah makanan dari ikan mas yang diasami, cara membuatnya mirip Sashimi yaitu ikan tidak dimasak sama sekali (mentah).

Rasa dari ikan ini terasa sangat aneh di mulut, sehingga masyarakat Tapanuli sering mengonsumsinya dengan air nira dan minuman bersoda.

Nah, bagi kamu yang pertama kali nyobain, jangan sampai kaget ya dengan rasanya yang unik!8. Sate Kerangmakanan khas sumut sate kerang @kimhua78

Jika kamu biasanya menemui sate daging sapi atau ayam, di Medan kamu akan menemui yang namanya sate kerang yang menggunakan kerang sebagai bahan utamanya.

Sate kerang ini rasanya pedas manis asin secara bersamaan dibalut dengan bumbu kehitaman seperti rendang.

Saat dimakan kerang tak ada pasirnya dan dagingnya lembut karena direbus terlebih dahulu.9. Lapetmakanan khas sumut lapet @suherilukman

Kamu mungkin sudah sering mendengar lepet, namun jika lappet?

Terdengar asing bukan. Makanan nusantara dari Batak ini dibuat dari tepung beras dicampur gula merah dan kelapa.

Lapet sendiri memiliki ciri khas yaitu dibungkus dengan daun pisang. Rasanya pasti enak dan gurih kelapanya terasa.10. Dengke Mas Na Niuramakanan khas sumut Dengke Mas Na Niura @wikipedia

Dengke Mas Na Niura atau ikan mas na niura adalah makanan dari ikan mas yang diasami, cara membuatnya mirip sashimi yaitu ikan tidak dimasak sama sekali (mentah).

Ikan mas mentah atau Dekke dibersihkan duri dan lendirnya kemudian direndam dalam air jeruk purut sehingga rasa dan aroma amisnya hilang. Dengke mas na niura ini disajikan dengan bumbu kuning yang khas.11. Bihun Bebekmakanan khas sumut bihun bebek @makanterusss

Bihun bebek adalah kuliner yang khas di Medan, Sumatera Utara. Bihun ini direbus dan diberi suwiran bebek serta ditaburi bawang goreng. Rasanya yang sangat lezat membuat orang ketagihan terhadapnya.

Guyuran kuah pendamping dari kaldu rebusan bebek membuat rasa bihun bebek menjadi lebih gurih dan enak.

Bisanya ditambahi irisan acar cabe rawit yang pedas asam.12. Kacang Sihobukmakanan khas sumut sihobuk @djanto_moenthe

Kacang Sihobuk adalah kacang garing khas Tapanuli Utara. Sihobuk diambil dari nama salah satu kabupaten di Tapanuli Utara. Kacang ini biasanya dikonsumsi sebagai camilan.

Sisi menarik dari kacang ini adalah proses pembuatannya dengan cara sangrai menggunakan pasir, membuat rasanya gurih renyah dan manis asin.13. Sambal Tuktukmakanan khas sumut sambal tuk tuk @dwigracia5

Sambal Tuktuk adalah salah satu olahan sambal khas Tapanuli. Sambal ini dibuat dari ikan kembung yang dikeringkan.

Bahan pembuatannya hampir sama dengan sambal pada umumnya, namun perbedaannya ada pada campuran andaliman.

Proses pembuatannya cukup mudah dengan menggoreng ikan lalu disuwir-suwir. Bawang, andaliman, dan kemiri disangrai sampai berbau harum.

Setelah itu dihaluskan dan ditambah dengan hasil suwiran ikan, tambahi garam, jeruk nipis, dan penyedap rasa agar rasanya semakin enak.14. Dali no Horbomakanan khas sumut Dali ni Horbo @terakurat.com

Dali No Horbo adalah olahan dari susu kerbau yang dimasak hingga menghasilkan bentuk susu yang kental menggumpal seperti keju.

Selain disebut Dali No Horbo, keju lokal ini sering disebut Bagot Ni Horbo. Bagot sendiri memiliki arti susu sesuai bahan utamanya.

Untuk pembuatannya hanya memerlukan susu kerbau dan air nenas serta air hasil perasan daun pepaya.

Susu kerbau direbus sampai benar-benar mendidih lalu ditambah dengan perasaan air nenas. Setelah itu baru diberi air daun pepaya sampai susu mendidih.15. Itak Gurgurmakanan khas sumut Itak Gurgur @dapurnamboru

Itak Gurgur adalah makanan tradisional Batak yang disajikan pada momen tertentu sekaligus untuk memanjatkan doa.

Pembuatannya sederhana tanpa dimasak. Beras yang ditumbuk lalu ditambah dengan parutan kelapa, gula dan garam. Semua bahan dicampur rata, lalu dikepal-kepal dengan tangan.

Itak Gurgur ini mengandung makna yang mendalam. Itak berarti beras yang dihaluskan dengan tradisional dan Gurgur berarti mendidih atau membara.

Nah, yang dimaksud mendidih atau membara ini adalah semangat orang yang menikmati Itak Gurgur.16. Kue Putu Bambumakanan khas sumut Kue Putu Bambu @jajananlokal.com

Salah satu makanan tradisional di Medan atau makanan Indonesia yang mendunia adalah kue putu bambu.

Makanan ini dibuat dengan tepung beras, diisi dengan gula merah dengan aroma pandan yang sangat khas.Rasanya manis lembut perpaduan gula merah dan tepungnya.

Untuk membuatnya sangat unik karena diperlukan cetakan berupa bambu yang ditaruh di kukusan hingga menghasilkan bunyi tut dari uapnya.17. Anyang Pakismakanan khas sumut Anyang Pakis @lusiani868

Makanan khas Sumatera Utara ini memiliki bahan utama yaitu tanaman pakis atau tanaman paku kemudian diberi bumbu (daun jeruk, bawang merah, ketumbar, dan serai) dan kelapa hasil sangrai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like