Makalah Makanan Khas Indonesia

Total
0
Shares

Indonesia adalahnegara yang kaya akan ragam budayanya. Sebenarnya di Indonesia ada 34 provinsi.Bagi kalian yang belum tahu, provinsi yang paling baru adalah Kalimanan Utara.Banyaknya provinsi di Indonesia tentunya membuat kebiasaan masyarakatnya punjuga berbeda. Bahasa khas, pakaian khas, dan makanan khas tiap provinsiberbeda.

Budaya bangsaterbentuk dari unsure- unsur masyarakat yang terdiri dari berbagai macamjenisnya. Baik dari musik, tarian, lukisan, pakaian, norma dan masih banyaklagi. Budaya- budaya daerah yang ada di Indonesia wajib kita lindungi. Karenapada dasarnya dengan adanya kebudayaan-kebudayaan daerah yang bermacam- macamitu maka terbentuk lah budaya nasional. Bisa di bilang budaya nasionalterbentuk karena adanya budaya- budaya daerah.

Keanekaragamanbudaya yang ada di Indonesia harus dipandang sebagai sebuah kekayaan bukankemiskinan.

B.    Rumusan Masalah

Darilatar belakang di atas, dapat diketahui mengenai permasalahan-permasalahan yangakan dibahas dalam makalah ini, diantaranya :

1.       Apa yang dimaksud dengan Ciri Khas kebudayaan  Indonesia?

2.       Sebutkandan jelaskan mengenai ciri-ciri budaya di Indonesia?   

3.       Mengetahui Jenis Makanan Khas Indonesia

C.   Maksuddan Tujuan

Adapunmaksud dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugasindividu dari mata kuliah dan bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebihluas tentang CiriKhas Makanan Indonesiayang tidak lain juga untuk menambah wawasan bagi pembaca, hususnya bagi mahasiswa fakultaskeguruan dan ilmu pendidikan.

A.   Pengertian Kebudayaan 

Katakebudayaan berasal dari kata budh, budhi,  budhaya dalam bahasasansekerta yang berarti akal, sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasilpemikiran atau akal manusia. Ada pendapat yang mengatakan bahwa kebudayaan yangberasal dari kata budi dan daya. Budi adalah akal yang merupakan unsure rohanidalam kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsurejasmani, sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiarmanusia (supartono, 2001; Prasetya, 1998).

B.   Ciri-Ciri Kebudayaan di Indonesia

Keanekaragamanadat istiadat, agama, seni, budaya, dan bahasa yang berkembang di Indonesiamelahirkan adanya kebudayaan nasional dan kebudayaan daerah. Kebudayaan daerahmemiliki ciri khas tersendiri. Namun, secara keseluruhan ciri khas tersebutmengandung banyak unsur kesamaan yang melahirkan kebudayaan nasional.

1.     Ciri-ciri kebudayaan nasional

Kebudayaannasional adalah kebudayaan seluruh rakyat Indonesia. Merupakan puncakkebudayaan daerah. Ciri-ciri kebudayaan nasional adalah sebagai berikut:

a.          Mengandung unsur budaya daerah yang sifatnya diakui secaranasional.

b.          Mencerminkan nilai luhur dan kepribadian bangsa.

c.          Merupakan kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

d.         Mengandung unsur-unsur yang mempersatukan bangsa.

Contohkebudayaan nasional antara lain sifat gotong royong, pakaian nasional yaitukebaya dan batik, serta bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Semuanya itumenjadi identitas khas bangsa Indonesia. Suatu kebanggaan sebagai bangsaIndonesia.

2.     Ciri-ciri kebudayaan daerah

Kebudayaandaerah adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentuyang memiliki ciri-ciri khas kedaerahan. Ciri-ciri kebudayaan daerah  Indonesia antara lain:

a.          Memiliki sifat kedaerahan tertentu.

b.          Mempunyai adat istiadat yang khas.

c.          Memiliki unsur kebudayaan asli dan tradisional.

d.         Dianut oleh penduduk daerah tersebut.

e.          Adanya bahasa dan seni daerah.

f.           Adanya unsur kepercayaan.

g.          Adanya peninggalan sejarah.

Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakanoleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-bendayang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup,organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untukmembantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

C.Makanan Khas Indonesia

Kali ini saya akan membagisedikit informasi tentang makanan khas Indonesia tiap provinsi.

Terkenal dengan Mie Acehnya.Mie kuning tebal dengan irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yanggurih dan pedas. Makanan ini kaya bumbu dan nikmat abis!

Makanan khas di SumateraUtara khususnya Medan adalah Bika Ambon. Bika Ambon ini enak banget! Kadangjuga dijual dengan rasa lain, seperti durian dan keju. Rasanya manis dan lembut.

Sumatera Barat terkenaldengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang banyakrempahnya ini mempunyai rasa yang kuat. Rendang adalah salah satu masakanPadang yang menjadi favorit banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negeri.

Gulai Ikan Patin adalah masakan yang populerdi masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu dagingbuah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilihuntuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasatempoyak yang cukup menyengat.

Makanan khas Bengkulu initerbuat dari ikan dibumbi dengan bumbu yang beraneka ragam. Pendap ini memilikirasa pedas dan gurih.

Gulai Belacan salah satu masakan khas dariRiau, gulai ini dibuat dengan kuah campuran belacan atau terasi. Bahannyabiasanya memakai udang atau ikan.

Otak-otak adalah salah satu makanankhas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat.Di sini terdapat dua jenis otak-otak yaitu otak-otak yang terbuat dari ikan dandari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibungkus dengan daun berwarna hijausekalian dengan lidinya, yang kemudian dibakar dengan bara api.

Di Sumatera Selatan terkenalmakanan Pempek. Pempek terbuat dari ikan dan sagu. Penyajiannya ditemani dengankuah coklat yang disebut cuko. Cuko terbuat dari air yang dididihkan, kemudianditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Mie atau Mi Bangka adalah salah satu darisekian banyak ciri khas masyarakat pulau bangka, terbuat dari mie basah(kuning) biasa yang disiram dengan kuah berbumbu yang biasanya terbuah dariikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge ataukecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masihpanas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.

Seruit adalah makanan khas provinsiLampung, yaitu masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi,tempoyak (olahan durian) atau mangga.

Sate Bandeng merupakan makanan khasBanten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidakbertulang. Sate bandeng menggunakan gula coklat dan santan. Karena kekhasannya,sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

Kerak Telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), denganbahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan)yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yangdihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran,garam dan gula pasir.

Serabi Kadang biasa disebutsrabi terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis. Manis dan menggugahselera!

Lunpia adalah makanan khasJawa Tengah khususnya kota Semarang. Makanan ini berisi rebung, telur, dandaging udang. Setelah dibungkus bisa dimakan langsung, bisa juga digoreng.

Nasi Gudeg, makanan khas D.I.Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudegdimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayamkampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Rujak Cingur adalah salah satu makanantradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnyaSurabaya. Cingur sendiri berrati mulut. Makanan ini memang menyajikan mulutsapi. Biasanya dihidangkan dengan sayuran kemudian diberi bumbu yang terbuatdari olahan petis udang, air matang, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yangdigoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yangmasih muda (pisang klutuk).

Salah satu makanan khas Baliadalah ayam betutu. Ayam betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam yang utuh yang berisibumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like